Tips Menjaga Joystick/ Gamepad

Tips Menjaga Joystick/ Gamepad



Assalamualaikum wr. wb.
Kali ini saya akan membagikan tips menjaga joystick atau game console. Banyak game yang akan lebih seru apabila dimaninkan menggunakan joystick. Selain itu joystick juga sangat membantu untuk mempermudah memainkan game. Namun banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menjaga joystick tersebut. Maka dari itulah saya akan memberitahukannya. Bagi yang belum tahu, ini lah tipsnya :
-Jangan Membanting Joystick
Jika kesal sebaiknya anda melakukan hal lain jangan melampiaskan kekerasan pada joystick anda. Sebaiknya anda melakukan hal seperti lompat-lompat, meninju dinding, teriak sekeras mungkin, dan masih banyak lagi.
-Jangan Melilitkan Kabel Di Joystick
Melilitkan kabel di joystick biasanya dapat membuat lapisan tembaga dalam kabel terputus, sehingga joystick / gamepad tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Gunakan tehnik melilit tali tambang sabut kelapa, bukan seperti melilit benang layangan.
-Jauhkan Dari Air
Jika air masuk kedalam komponen pcb pada joystick / gamepad akan menyebabkan konsleting yang akhirnya merusak komponen secara permanen.
-Tekan Tombol Dengan Lembut
Tekan tombol pada joystick / gamepad dengan lembut dan santai. Jangan memencetnya dengan kasar yang dapat membuat karet tombol jadi encer atau dol, serta kemudi analog jadi patah atau karetnya putus.

Jika tombol mulai tidak sensitif atau tidak bekerja, coba buka dan bersihkan bagian komponen yang terhubung dengan bagian karet joystick / gamepad. Jika tombolnya jadi terlalu encer karena karet joystick / gamepad sudah dol, coba cari spare part karetnya di toko khusus game.
Segera bawa ke tempat service di sekitar daerah anda jika anda tidak dapat memperbaiknya. Namun pastikan anda mendatangi tempat service khusus peralatan game, bukan service peralatan rumah tangga.

Jika anda ingin memperbaikinya. Sebelum membuka joystick / gamepad dan membongkar pastikan kabelnya sudah tidak terhubung dengan mesin atau yang lain agar anda tidak tersetrum atau konsleting pada komponen.

Sekian, mudah bukan. Dan satu lagi, jika joystick rusak harga untuk membeli yang baru pasti mahal. Maka dari itu jagalah joystick anda sebelum kantong anda menjadi korban. Semoga bermanfaat.

Assalamulaikum wr. wb.

Komentar

Posting Komentar