Bahayanya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai


Bahayanya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai


      Di jaman sekarang, laptop sudah menjadi alat penting dan hampir tak terpisahkan untuk memudahkan pekerjaan kita. Di saat kita sedang menggunakan laptop, kemudian baterai habis, tentu akan membutuhkan waktu untuk mencharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptopnya sambil menggunakannya. Di samping itu, banyak sekali timbul orang berpikiran bahwa menggunakan laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung, tetapi ada juga yang mengatakan kalau menggunakan laptop langsung dari listrik tanpa menggunakan baterai akan merusak perangkat-perangkat laptop.
      Keduanya tidak salah, tapi perlu di ketahui kalau menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop lansung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan lansung menuju ke hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yg berlebihan dan mempercepat kerusakan. Selain menyimpan daya, baterai juga menyesuaikan arus yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.
   Selain itu, jika terjadi mati lampu dan listrik PLN yang tidak stabil, tentu sangat membahayakan motherboard dan hardisk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan dari pada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal di bandingkan baterai. Lagi pula kinerja baterai latop biasanya akan menurun di usia 2-3 tahun.
 
Semoga bermanfaat, dan saya sarankan agar tidak menggunakan laptop tanpa baterai, sayangilah laptop anda.
Assalamualaikum

Komentar

  1. Misalnya kalau ingin menonton film lewat laptop tapi baterai nya dicabut, itu ada efek sampingnya??

    BalasHapus
  2. pasti ada efek nya
    daya listrik yg masuk akan masuk kedalam perangkat laptop tanpa ada pengaturnay, efeknya perangkat laptop akan mudah rusak

    BalasHapus
  3. owg, tapi bukannya bagus kalau kita mencabut baterainy saat menonton?? baterainy kan jadi gak kembung dan cepat drop??

    BalasHapus
  4. lebih baik charge dulu laptopnya sebelum menonton, jadi saat menonton tidak perlu mencabut ataupun mencharge laptop

    BalasHapus

Posting Komentar